Membuat logo yang baik untuk sebuah brand, perusahaan, ataupun organisasi memang tak mudah. Untuk menciptakan logo yang unik dan beda dari lainnya, ada beberapa prinsip yang harus kamu ukur. Apa saja prinsip membuat logo? Yuk, simak tipsnya di sini!
Logo memiliki peran penting dalam sebuah brand, perusahaan, maupun organisasi. Logo akan menentukan tinggi atau rendahnya sebuah produksi. Bukan hanya sekadar desain visual, logo juga harus mempunyai makna yang dapat mengkomunikasikan produk dengan tepat dan mencerminkan identitas produksi. Selain itu, logo juga harus memiliki kekuatan persuasi.
Untuk menciptakan logo yang baik dan sesuai dengan tujuannya, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. Berikut 5 tips desain logo terbaik yang harus kamu ketahui.
5 Tips Desain Logo yang Harus Kamu Ketahui
Mengutip Paul Rand, salah satu desain grafis jenius di balik logo International Business Machines Corporation (IBM), Westinghouse, UPS, ABC, dan banyak brand besar lainnya, “if, in the business of communications, ‘image is a king’, the essence of this image, the logo, is the jewel in its own.” Artinya, logo sangat penting untuk mencerminkan identitas sebuah brand. Oleh karena itu, penting bagi seorang desainer dapat merancang logo yang bisa mengkomunikasikan produk dengan baik. Berikut beberapa prinsip yang perlu diperhatikan saat menciptakan logo.
1. Simple = Less is More
Beberapa desainer berpegang teguh pada keyakinan bahwa kesederhanaan adalah keindahan. Semakin sederhana dan clean sebuah logo akan semakin baik. Hal itu disebabkan konsumen semakin mudah mengenali dan mengingat logo.
2. Memorable: Tips Desain Logo yang Baik
Logo terbaik adalah logo yang dapat langsung memberikan impresi melekat dan dekat dengan jati diri brand, perusahaan, dan organisasi. Selain itu, logo harus sesuai dengan target pasar. Cara membuat logo yang memorable adalah dengan memunculkan sisi unik dari brand ke dalam logo dalam bentuk tipografi, pemilihan warna yang menarik, dan elemen grafis lainnya sehingga dapat diingat dengan mudah.
3. Original
Tips desain logo selanjutnya adalah melakukan riset untuk menghindari logo yang terlalu mirip dengan brand atau produk lainnya, terutama yang berada dalam satu industri. Kamu bisa mencari referensi atau inspirasi melalui internet, namun pastikan untuk tidak mengikuti desain tersebut. Hal itu bertujuan untuk membuat desain kamu lebih original.
4. Modern & Timeless
Logo yang modern bukan berarti mengikuti apa yang sedang tren saat ini. Modern yang dimaksud di sini adalah relevan dengan tren atau kekinian. Namun, pastikan logo juga timeless atau dapat terus terpakai hingga beberapa tahun ke depan.
5. Versatile
Tips desain logo yang terakhir adalah harus serbaguna jika ditempatkan di medium apa saja tanpa kehilangan jati diri dan identitasnya. Logo juga harus mempunyai keterbacaan yang baik saat diaplikasikan ke berbagai macam ukuran.
Kamu ingin mendalami prinsip-prinsip desain logo lebih lanjut? Yuk, pelajari beragam ilmu desain dengan bergabung menjadi keluarga besar Desain Komunikasi Visual (DKV) di Institut Teknologi Batam (ITEBA).
Kunjungi website ITEBA untuk informasi lebih lanjut dan lakukan pendaftaran di sini!