Desain Komunikasi Visual

Sekilas Prodi

Desain Komunikasi Visual merupakan disiplin keilmuan yang berbasis ilmu estetika, sosial dan teknologi informasi. Dampak dari adanya irisan disiplin desain komunikasi visual oleh paltform estetika, humanitas dan teknologi mendorong bidang desain komunikasi visual berkembang pesat dalam era digital sekarang ini. Melalui bidang ilmu Desain Komunikasi Visual diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu desain pada bidang multimedia berbasiskan pada teori estetika, humanitas dan penggunaan teknologi komputer dan digital secara optimal.

Visi

Menjadi program studi yang terkemuka di bidang Desain Komunikasi Visual di Asia Tenggara dan menjadi rujukan pendidikan tinggi di daerah Kepulauan Riau serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Misi
  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran di bidang Desain Komunikasi Visual untuk menghasilkan lulusan yang unggul dibidangnya dan menjunjung tinggi integritas.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis kearifan lokal.
  3. Mengaplikasikan berbagai keahlian dan keilmuan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadi agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan SDM bidang Desain Komunikasi Visual.
  5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi Desain Komunikasi Visual di Indonesia dan internasional.
Tujuan

Tujuan Program Studi Desain Komunikasi Visual ITEBA adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan   di   bidang   Desain Komunikasi Visual yang   memiliki kompetensi, integritas dan daya saing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Terwujudnya budaya  meneliti  di  lingkungan  civitas  akademika Prodi Desain Komunikasi Visual yang mampu  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  dapat  memberikan  solusi terhadap permasalahan bangsa.
  3. Membantu Intitusi dalam mewujudkan tata kelola yang profesional, efektif dan efisien yang dapat memberdayakan SDM, sarana prasarana dan dana yang optimal.
  4. Membantu Intitusi dalam mewujudkan good university governance yang accountable, efektif, efisien.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memegang peranan penting di tingkat operasi atau manajerial dalam berbagai organisasi.
  6. Memberikan kontribusi yang mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian yang berfokus pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan peningkatan kinerja dan daya saing industri.
  7. Membangun jejaring dengan berbagai lembaga dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta menjembatani para lulusan memasuki dunia kerja.
Student Outcome
  1. Memecahkan suatu masalah melalui pendekatan keilmuan desain komunikasi visual yang meliputi Multimedia, bidang Komunikasi Grafis, , dan Komunikasi Visual Periklanan.
  2. Merancang suatu desain pada bidang multimedia, bidang Komunikasi Grafis, , dan Komunikasi Visual Periklanan yang berbasiskan pada teori estetika, humanitas dan penggunaan teknologi komputer dan digital secara optimal. Dan
  3. Mampu berkompetensi dibidang desain komunikasi visual secara mandiri (individual) maupun bersama-sama (team work).
  4. Mampu menciptakan karya desain dengan landasan prinsip desain yang efektif dan komunikatif serta mampu menerapkan metode desain yang sesuai sehingga mampu menghasilkan karya desain komunikasi visual yang inovatif, kreatif, estetik, berciri khas dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
  5. Mampu menerapkan etika keprofesian bidang desain komunikasi visual dalam melaksanakan tugasnya secara mandiri ataupun bekerja di instansi/lembaga terkait yang membutuhkannya.
  6. Memiliki pengetahuan bidang desain komunikasi visual, kreativitas dan ketrampilan manual maupun digital. Memiliki kompetensi pendukung berupa kemampuan bekerjasama dan berorganisasi dan mampu berwirausaha secara mandiri. Memiliki komptensi soft skill berupa kemampuan berkomunikasi dan mengemukakan pendapat hingga mampu berpikir secara analisis dan kritis.
Kurikulum

Prospek Kerja

Advertising (desain grafis untuk periklanan)

Web Design ( desain tampilan website)

Movie Production (desain movie title, motion graphic)

Game Design (desain tampilan game, desain karakter)

Printing Industry (desain label, packaging)

Editorial Design (layout koran, majalah, tabloid)

Book Design (desain cover, layout isi buku)

Information Design (sign system, desain peta/denah)

Branding Company (logo, brand/trade mark)

Type Design (desain huruf/tipografi, eksperimen tipografi)

Admission