Matematika

Sekilas Prodi

Matematika merupakan bidang ilmu pengetahuan yang sistematis serta penalaran yang ketat (rigorous) dan terstruktur. Bidang ilmu ini telah berkembang pesat, perkembangan tersebut berimplikasi terhadap keluasan cakupan keilmuan matematika dan selanjutnya pada pencabangan ilmu matematika.

Matematika memiliki dua cabang ilmu kepeminatan diantaranya matematika murni (aljabar dan geometri) dan matematika terapan (statistika dan aktuaria). Program Studi Matematika ITEBA lebih diarahkan ke cabang ilmu matematika terapan. Statistika merupakan ilmu yang sebenarnya diperlukan untuk seluruh sistem perusahaan, baik swasta maupun pemerintah. Dengan adanya statistika, sebuah perusahaan dapat mengetahui mana yang menjadi minat masyarakat dan dapat memfokuskan bisnisnya dan segala sumber dayanya untuk hal tersebut dengan tujuan meningkatkan performa perusahaan. Sedangkan, Aktuaris biasanya ditemukan di perusahaan asuransi dan investasi. Aktuaris adalah seorang ahli yang mengaplikasikan ilmu keuangan dengan statistika untuk menyelesaikan persoalan bisnis aktual. Sederhananya, seorang aktuaris harus mampu mengelola risiko keuangan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Visi

Menjadi program studi yang terkemuka di bidang Matematika di Asia Tenggara dan menjadi rujukan pendidikan tinggi di daerah kepulauan riau serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Misi
  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan serta pengajaran di bidang Matematika untuk menghasilkan lulusan yang unggul dibidangnya dan menjunjung tinggi integritas.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Matematika yang berbasis kearifan lokal.
  3. Mengaplikasikan berbagai keahlian dan kelilmuan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadi agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan SDM bidang Matematika. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi Matematika di Indonesia dan Internasional.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan   di   bidang   Matematika yang  memiliki kompetensi, integritas dan daya saing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Terwujudnya budaya  meneliti  di  lingkungan  civitas  akademika Prodi Matematika yang mampu  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  dapat  memberikan  solusi terhadap permasalahan bangsa.
  3. Membantu Intitusi dalam mewujudkan tata kelola yang profesional, efektif dan efisien yang dapat memberdayakan SDM, sarana prasarana dan dana yang optimal.
  4. Membantu Intitusi dalam mewujudkan good university governance yang accountable, efektif, efisien.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memegang peranan penting di tingkat operasi atau manajerial dalam berbagai organisasi.
  6. Memberikan kontribusi yang mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian yang berfokus pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan peningkatan kinerja dan daya saing industri.
  7. Membangun jejaring dengan berbagai lembaga dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta menjembatani para lulusan memasuki dunia kerja.
Student Outcomes
  1. Ahlak yang baik, berkarakter luhur, mempunyai jiwa kepemimpinan, semangat entrepreneurial, kompeten dan mau membangun bangsa;
  2. Kemampuan intelektualitas, penguasaan analisis keilmuan, berwawasan global, peka terhadap kondisi lokal, dan mempunyai potensi untuk berkembang;
  3. Daya kreatifitas tinggi dan inovatif;
  4. Kematangan emosional bercirikan kepercayaan diri yang tinggi, mandiri, mampu berkerja sama, dapat berkomunikasi dan menyampaikan pendapatnya dengan baik.
Kurikulum

Pendukung utama Program Studi Matematika ITEBA adalah dua Kelompok Keilmuan (KK) yang bernaung di bawah Fakultas Teknologi Informasi ITEBA, yaitu KK Statistika Terapan dan KK Matematika Keuangan (Aktuaria). Sebagian besar tenaga pendidik yang akan mengelola kegiatan pembelajaran di Program Studi berasal dari kedua KK tersebut.

Untuk dapat mengikuti Program Studi Sarjana Matematika dengan baik, mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMA atau yang sederajat. Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan kejuruan dengan prestasi baik juga dapat diterima. Secara garis besar, Kurikulum 2018 Program Studi Sarjana Matematika terbagi atas dua tahap, yaitu :

Kurikulum Program Studi Sarjana Matematika memperhatikan tahap-tahap pendekatan pembelajaran sebagai berikut:

  1. Tahun Ke-1 : Pengenalan
  2. Tahun Ke-2 : Landasan kokoh
  3. Tahun Ke-3 : Pendewasaan
  4. Tahun Ke-4 : Pematangan

Download Kurikulum Prodi Matematika (2019)

Prospek Kerja

Ahli Statistika

Aktuaris

Tenaga pengajar

Peneliti atau ahli matematika

Pegawai Bank

Pengusaha (Lembaga Survey)

Admission