
Senin, 5 Mei 2025 – Bank Indonesia Kepulauan Riau bersama Infinite Learning menggelar acara sosialisasi dan roadshow Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah dalam rangkaian Rupiah Digital Competition (DIGICOM) 2025 yang diselenggarakan di Auditorium ITEBA (Institut Teknologi Batam).
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya edukasi dan literasi masyarakat, khususnya generasi muda, mengenai pentingnya mencintai, memahami, dan bangga menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, sekaligus memperkenalkan konsep rupiah digital yang tengah dikembangkan oleh Bank Indonesia.
Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, Tim Infinite Learning, dan juga Mahasiswa ITEBA yang tertarik pada isu keuangan digital dan transformasi ekonomi nasional.
Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap keberadaan dan peran rupiah, khususnya dalam bentuk digital, serta mendorong partisipasi aktif dalam kompetisi DIGICOM 2025 yang menantang generasi muda untuk menciptakan solusi kreatif terkait ekonomi digital. Kompetisi ini menjadi kesempatan besar bagi gamers Indonesia untuk mendapatkan peluang investasi dari perusahaan besar terkemuka, baik dalam kancah Nasional maupun skala Internasional.

Acara diawali dengan sambutan dari Dr. Eng. Ansarullah Lawi, M.Eng selaku Wakil Rektor 1 ITEBA, “Besar harapan kami Mahasiswa ITEBA dapat memenangkan kompetisi DIGICOM ini dari berbagai kategori” ujar beliau dalam sambutannya.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar CBP rupiah dan roadmap pengembangan Rupiah Digital. Roadshow ini juga memperkenalkan mekanisme dan ketentuan kompetisi DIGICOM 2025 serta sesi tanya jawab interaktif dengan peserta.
Dalam pemaparannya Tim dari Infinite Learning menjelaskan mengenai kategori kompetisi yang terdiri dari Game development, short movie, dan juga animasi yang tentunya dengan total hadiah yang sangat menarik. Kegiatan yang berlangsung pukul 18.30 – 19.30 wib bertambah semangat dengan quiz online yang diberikan kepada Mahasiswa ITEBA dengan hadiah yang telah disediakan oleh Tim.


Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda semakin memahami peran penting rupiah dan siap mejadi bagian dari transformasi ekonomi digital Indonesia.