Batam, 18 November 2024, Prodi Matematika ITEBA terima hibah server yang memiliki kecepatan processing analisis big data, untuk mendukung pembelajaran dan pengajaran. Sejak tahun 2020, Prodi Matematika ITEBA sendiri, telah menyusun kurikulum berbasis MBKM. Kurikulum yang disusun dan disiapkan untuk MBKM secara struktur dan isi dari masing-masing mata kuliah sudah cukup optimal, namun yang menjadi bahan pertimbangan adalah dari segi delivery isi pembelajaran oleh dosen ke mahasiswa sehingga perlu dilakukan evaluasi.
Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan mahasiswa mampu memahami pembelajaran dikelas sesuai dengan bahan kajian dan capaian yang menjadi target dalam masing-masing mata kuliah, sehingga mehasiswa mampu mengimplementasikan dan mengembangkan apa yang diperoleh dalam kelas ke dunia kerja. Untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran dibutuhkan beberapa dukungan seperti evaluasi implementasi kurikulum, kemampuan mahasiswa dalam memahami metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project), peralatan berupa server yang memiliki kecepatan processing analisis big data, dan mitra DUDI yang efektif melakukan kerjasama.
Evaluasi implementasi kurikulum dibutuhkan dengan mempertimbangkan masukan-masukan dari sejumlah narasumber. Agar ke depannya dosen prodi Matematika dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada isi pembelajaran. Selanjutnya metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project) memberikan manfaat signifikan bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan analitis, pemecahan masalah, penerapan pengetahuan teoretis dalam konteks dunia nyata, kerja sama dan kolaborasi, komunikasi dan presentasi, manajemen waktu dan organisasi, serta pembelajaran mandiri dan motivasi belajar. Metode pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis proyek mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang nyata, di mana keterampilan seperti pemecahan masalah, kolaborasi, dan presentasi sangat diperlukan.
Namun jumlah mata kuliah yang menggunakan metode pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok masih sedikit. Untuk meningkatkan motivasi dan mendorong kreativitas dosen, dibutuhkan kompetisi dalam pengembangan model pembelajaran. Model pembelajaran ini dapat berbasis case method atau team based project. Serta mata kuliah yang dikompetisikan merupakan mata kuliah inti program studi. Untuk mendukung pembelajaran baik dari segi delivery isi pembelajaran, pembelajaran berbasis case method atau team-based project ini kemudian dibutuhkan peralatan berupa server yang memiliki kecepatan processing analisis big data tersebut. Diharapkan kedepannya, dengan adanya hibah server tersebut, pembelajaran dan proses pengajaran akan terbantu dan lebih mudah.