Dosen Program Studi Manajemen Rekayasa (MR) dan Sistem Informasi (SI) melaksanakan Kegiatan Workshop IKM Digital Marketing dari Kemenperin dari tanggal 24-31 Agustus 2023 di Gedung Batam Tourism Polytechnic. Kegiatan ini berlangsung dalam 2 batch, batch pertama pada tanggal 24-27 Agustus 2023dan batch kedua pada tanggal 28-31 Agustus 2023. Kegiatan pada batch pertama diikuti olehh 20 peserta yang sudah memiliki usaha IKM (Industri Kecil Menengah) di Kota Batam dan beberapa daerah di Provinsi Kepri seperti Tanjungpinang, Belakang Padang, dan Tanjung Balai Karimun. Begitu pula dengan batch kedua yang dihadiri oleh 20 peserta dari beberapa kota di Provinsi Kepri seperti Tanjungpinang, Belakang Padang, Tanjung Balai Karimun, dan Bintan.
Pada kegiatan workshop ini, disampaikan materi berupa Literasi Digital, digital Marketing, enterpreneur digital, dan Kecakapan Digital.
Materi Literasi Digital dibawakan oleh Alvendo Wahyu Aranski, M.Kom, CPWA. Dengan fokus materi utama mengenai delapan wilayah kecerdasan digital seperti Identitas Digital, Pengunaan Digital, Keamanan Digital, Keselamatan Digital, Kecerdasan Emosional Digital, Hak Digital, Komunikasi Digital, dan Literasi Digital. Kemudian dilanjutkan oleh Ir. Dimas Akmarul Putera, M.T. tentang Digital Marketing seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), PPC (Paid Per Click), Social Media Marketing, Karir Didunia Digital, Pembuatan Tagar pada Media Sosial, dan Email Marketing.
Dihari pertama kegiatan, para peserta diajarkan bagaimana berkegiatan diera digital, baik itu tentang penggunaan medsos, sampai keamanan data pengguna pemakai media sosial. Pada hari kedua kegiatan, peserta melakukan praktikum tentang bagaimana berkegiatan diera digital. Pada hari ketiga peserta mulai memasuki Digital Marketing dan bagaimana penerapannya. Kemudian para peserta juga mendapat pelatihan melakukan transformasi IKM (Industri Kecil Menengah) para peserta ke arah Digital Marketing dan Digital Bisnis. Pada hari keempat, peserta diminta melakukan pembuatan tagar masing-masing usaha IKM peserta agar usaha para peserta lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing, dll. Dan meningkatkan daya saing para pelaku usaha IKM diera revolusi Industri 4.0 ini.
Berdasarkan testimoni dari peserta, kegiatan workshop ini membuuka pikiran mereka untuk mengembangkan usaha IKM di platform masing-masing seperti Instagram, Tik-tok, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Peserta workshop digital marketing merasa senang dan enjoy dalam menjalankan kegiatan dan Kemenperin tersebut. Para peserta juga berharap adanya kelanjutan dari acara seperti ini agar mampu meningkatkan dan menambah pengetahuan mereka dalam berbisnis diera digital.