Perdagangan Internasional
Program Studi Perdagangan Internasional mempelajari ilmu matematika, sains dan bisnis serta memiliki soft skill dalam bernegosiasi, berkomunikasi, menyusun strategi di bidang Finance, Marketing dan Resource.
Program studi Perdagangan Internasional di desain untuk menciptakan individu yang mampu menghadapi dan melaui kompleksitas proses bisnis berskala nasional dan internasional, dengan kurikulum yang dirancang dengan kombinasi penguasaan teori konseptual dan pengalaman bisnis yang real di dunia bisnis global.
Visi
Menjadi program studi yang diakui dan dipercaya di bidang ilmu manajemen bisnis internasional dan kewirausahaan baik tingkat nasional maupun internasional 2025.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang manajemen bisnis internasional dan kewirausahaan untuk menghasilkan lulusan yang profesional sesuai tuntutan dunia usaha dan dunia pasar kerja baik nasional maupun global
- Melakukan penelitian dan kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan yang unggul di bidang manajemenbisnis internasional dan kewirausahaan yang bermanfaat bagi masyarakat akademik maupun dunia usaha.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mendorong kemandirian masyarakat dunia usaha dan masyarakat umum lainnya secara berkelanjutan.
- Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dan bersih serta menjalin Kerjasama dengan Lembaga lain ditingkat nasional maupun internasional untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian dan publikasi karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen.
Tujuan Strategis
- Agar terwujudnya pendidikan yang unggul dan inovatif yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, unggul, profesional, dan bermartabat yang diakui oleh dunia usaha dan dunia kerja nasional dan internasional.
- Terlaksananya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang diakui di bidang manajemen bisnis internsional dan kewirausahaan.
- Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dunia usaha secara berkelanjutan dalam bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat umumnya.
- Terwujudnya good university governance untuk mendukung implementasi misi perguruan tinggi dalam membangun masyarakat akademik yang kuat, mandiri dan berdaya saing.
- Terjalinnya kolaborasi dengan mitra untuk meningkatkan relevansi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
Values
Program studi Manajemen Bisnis Internasional ITEBA berusaha untuk mencapai visi dan misinya dengan mengacu kepada nilai- nilai strategik yang berlandaskan moral dan etika yaitu :
- Integritas
Menjunjung tinggi prinsip kejujuran, konsistensi perkataan dan perbuatan, komitmen pada janji, keberanian moral dalam membela kebenaran, kepentingan organisasi di atas kepentingan kelompok dan individu, serta amanah dan bertanggung jawab. - Professional
Memainkan perannya yang mengacu pada standar mutu dan kinerja, kesesuaian dengan kompetensi, semangat pengembangan diri secara berkelanjutan dan berorientasi pelanggan yang dapat dipertanggungjawabkan. - Objektif dan adil
Menghormati semua warga negara, tanpa membedakan fungsi, status dan jabatan, serta tidak membeda-bedakan agama, ras, suku, dan jenis kelamin, serta menghargai dan menilai kinerja secara obyektif dan adil. - Kebebasan Akademik
Mengakui konsep dan praktik kebebasan akademik sebagai perilaku sentral yang harus dijunjung tinggi dalam pembelajaran, pengajaran, penelitian, dan keilmuan. - Kepedulian kepada masyarakat
Mempunyai komitmen yang tinggi untuk berpartisipasi dan aktif terlibat dalam menyelesaikan berbagai masalah bisnis, manajemen, kewirausahaan dan persoalan ekonomi lainnya yang dihadapi masyarakat.
Prospek Karir
Lulusan program studi ini memiliki peluang bekerja di perusahan nasional dan multinasional, perusahaan swasta maupun BUMN berbagai sektor (seperti perbankan, jasa, manufaktur), start-up digital/non digital, instansi pemerintah dan daerah pada berbagai tingkatan dan posisi lainnya yang menuntut kemampuan manajerial, kepemimpinan dan intrapreneur. Lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Internasional juga dibekali kemampuan berwirausaha maupun menjadi konsultan bisnis.
Secara spesifik profesi tamatan Program Studi Manajemen Bisnis Internasional dapat berkarir sebagai :
- Analis Bisnis Internasional (International Business Analyst)
- Perencana dan Pengembangan Bisnis Internasional (International Business Planning and Development)
- Analis Keuangan Bisnis Internasional (International Business Credit Analyst)
- Analis Pemasaran Internasional (Internasional Marketing Analyst)
- Konsultan Perdagangan dan Keuangan Internasional (Consultant for International Finance and Trade)
- Manajer Lisensi dan Wira Laba Internasional(International Licensing and Franchising Manager)
- Manajer Proyek Usaha Patungan Internasional (International Joint Venture Project Manager)
- Analis Manajemen Resiko Global (Global Risk Management Analyst)
- Manajer Perusahaan Multinasional (Multinational Company Manager)
- Manajer Usaha Ekspor Impor (Export-Import Manager)
Capaian
- Akreditasi dengan nilai B+ oleh BAN-PT (2025)
- Akreditasi Internasional oleh AACSB untuk Sekolah Bisnis (2030)
Predikat Lulusan : S.Mbis
Keunggulan Kuliah pada Program Studi Manajemen Bisnis Internasional Institut Teknologi Batam (ITEBA)
Bisnis internasional adalah bisnis yang yang ruang lingkup aktifitas bisnisnya bergerak di bidang usaha manufaktur dan perdagangan barang, jasa, teknologi, dan keuangan serta pengetahuan pada taraf lintas batas negara dalam skala global atau transnasional. Keunggulan kuliah di Prodi Manajemen Bisnis Internasional di ITEBA ini adalah:
- Kota Batam adalah kota terbesar dan terkemuka yang merupakan kota pusat perkembangan ekonomi, industri dan perdagangan serta pariwisata di Kepulauan Riau atau kawasan Sumatra bagian Timur
- Kota ini lokasi dan posisinya sangat strategis, sehubungan dengan aktifitas bisnis internasional, karena berseberangan dengan negara tetangga Singapura (negara kota yang merupakan pusat bisnis terkemuka di Asia Tenggara), Malaysia dan negara Asean lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai sarana mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk mempelajari seluk beluk bisnis dan perdagangan internasional dan global.
- Kampus Program Studi Manajemen Bisnis Internasional ITEBA berlokasi di pusat kota ini, dimana banyak perusahaan yang berskala internasional dan global beroperasi di Kawasan ini.
- ITEBA menawarkan kepada pemuda/pemudi dikawasan ini untuk menimba ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang Manajemen Bisnis dengan konsentrasi Bisnis Internasional.
- Untuk menunjang terselenggaranya prodi ini maka ITEBA memiliki dosen yang mempunyai kompetensi dan keahlian dibidang Manajemen Bisnis dengan konsentrasi Bisnis Internasional
- Kualitas dosen sebagai tenaga pengajar dapat menentukan keberhasilan proses pembelajaran dan transfer ilmu pengetahuan dan keahlian kepada mahasiswa.
- Dosen berasal dari tamatan perguruan tinggi negeri bertaraf nasional dan internasional yang mumpuni di bidang keahliannya, selain itu untuk mendukung pengetahuan dan keahlian tamatan prodi ini ITEBA, juga mendatangkan dosen praktisi yang memiliki keahlian dibidang bisnis internasional
- Fasilitas pembelajaran yang didukung oleh sarana dan prasarana modern dan suasana kampus yang nyaman (green campus) sehingga dapat memotivasi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan proses belajar mengajar yang bermutu
- Satu-satu nya Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki Program Studi Manajemen Bisnis Internasional (Perdagangan Internasional) diluar pulau Jawa
- Program Studi Manajemen Bisnis Internasionalini berupaya meningkatkan kualitas keahlian lulusan melalui berbagai program pendukung berupa program magang pada perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis internasional, pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) dan peningkatan kemampuan berbahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin)
- Program Studi Manajemen Bisnis Internasionalini mengembangkan softskill mahasiswa berdasarkan grand design kurikulum baik melalui program bidang akademik dan non-akademik.
Staff Pengajar
- Prof. Drs. Syukri Lukman, MSc, Ph.D
Manajemen Strategik, Keuangan Korporasi, Manajemen, Bisnis Internasional.
- Alvidyan Virgarazman, B.Sc., M.Sc
International Financial Management dan Investment Management.
- Dely Indah Sari, S.T., MBA
Finance, Manajemen Strategik, Manajemen Sistim Informasi
- Maria Yosefina Meinadia, S.Pd., M.A.B
Marketing, Kewirausahaan, dan Digital Marketing
- Surya Tri Harto, M.T, MBA. (Dr Cand.)
Manajemen Strategik, Supply Chain Management, Manajemen Operasi,
- Ferryan Syukri, SE, M.Com, Akt, CA
Financial Management, Akuntansi dan Akuntansi Manajerial (Sarjana).
- Freddo Syukri, SE, MM, Akt, CA, Dr (Cand)
Akuntansi, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategik
- Yulia Diniaty Fitria, S.Psi, M.Psi, (Psikolog)
Manajemen Sumberdaya Manusia, Prilaku Organisasi, Leadership, Manajemen SDM Internasional.
Mata Kuliah Program Studi Perdagangan Internasional
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
71 | 1 | Management Principles | 3 | Download | |
72 | 2 | Managerial Economics | 2 | Download | |
73 | 3 | Statistic for Business | 3 | Download | |
74 | 4 | Writing and Spoken English | 2 | Download | |
75 | 5 | Fundamental of International Business | 3 | Download | |
76 | 6 | Entrepreneurship | 3 | Download | |
77 | 7 | Matematics of Finance | 3 | Download | |
78 | 8 | Marketing / Pemasaran | 3 | Download |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
78 | 1 | Business Law (International) | 3 | Download | |
79 | 2 | Financial Management | 3 | Download | |
80 | 3 | Business Environtment | 2 | Download | |
81 | 4 | Management Accounting | 3 | Download | |
82 | 5 | Organizational Behavior and Design | 3 | Download | |
83 | 6 | International Communication and Business Negotiation | 2 | Download | |
84 | 7 | International Trade | 3 | Download | |
85 | 8 | Data Analysis | 3 | Download |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | International Marketing | 3 | Download | |
86 | 2 | Career & Entrepreneur Development | 3 | Download | |
87 | 3 | Financial Management II | 3 | Download | |
88 | 4 | Analisis Multivariant | 3 | Download | |
89 | 5 | Research Methodology | 3 | Download | |
90 | 6 | International Business Management | 3 | Download | |
91 | 7 | Doing International Business | non | Download | |
92 | 8 | Human Resource Management | 3 | Download |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
92 | 1 | Investment Management & Portofolio Analysis | 3 | Download | |
93 | 2 | International Business(Intermediate) | 3 | Download | |
94 | 3 | Management Information System | 3 | Download | |
95 | 4 | Decision-Making with Programming & Analytics | 3 | Download | |
96 | 5 | International Trade Practice and Operation | 3 | Download | |
97 | 6 | Supply chain management | 3 | Download | |
98 | 7 | Technopreneur | 2 | Download | |
99 | 8 | International Trade Technique | non | Download |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
99 | 1 | Strategic Management and Global Strategy | 3 | Download | |
100 | 2 | Global Financial Market | 3 | Download | |
101 | 3 | Risk Management | 3 | Download | |
102 | 4 | International Human Resource Management | 3 | Download | |
103 | 5 | International Business Etiquette | 2 | Download | |
104 | 6 | International Leadership and Organizational Behavior | 3 | Download | |
105 | 7 | Internship | 3 | Download | |
106 | 8 | Contemporary Issues in Business International | non | Download |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
99 | 1 | International Financial Management | 3 | Download | |
100 | 2 | Business Simulation | 3 | Download | |
101 | 3 | Proposal Seminar | 3 | Download | |
102 | 4 | International Human Resource Management | 3 | Download | |
103 | 5 | Mandarin Language | 2 | Download | |
104 | 6 | Trade Incoterm & Ship Chartering | 3 | Download | |
105 | 7 | Elective Subject | 3 | Download |