Bisnis Digital
Program studi bisnis digital ITEBA dirancang untuk mempersiapkan lulusan dengan keterampilan dalam mengelola bisnis menggunakan platform digital, dilengkapi dengan kemampuan financial technology yang relevan dalam bidang keuangan digital. Prodi memiliki fokus pada pengembangan kemampuan analisis data untuk merepresentasikan data digital yang akan mendukung keputusan bisnis yang informatif tujuannya agar lulusan dapat secara efektif menggunakan teknologi terkini untuk mengoptimalkan strategi bisnis, memperkuat keputusan finansial dan berhasil dalam praktik pemasaran digital yang dinamis. Selama masa studi pembelanjaran dirancang metode pembelajaran interaktif dengan menggunakan studi kasus untuk manafsirkan performa bisnis saat ini dan dosen tamu praktisi industri. Kurikulum berbasis kompetensi yang membekali hardskill dan softskill sesuai dengan kebutuhan bisnis digital dengan pemetaan stuktur kurikulum berbasis kompetensi agar terdapat kesesuaian dengan kompetensi lulusan yang diharapkan oleh industri.
Visi
Menjadi program studi unggul, inovatif dalam bidang bisnis digital serta mampu memberikan kontribusi terhadap transformasi dan pertumbuhan industri digital secara nasional dan global.
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas didukung kurikulum yang senantiasa diperbaharui untuk menghadapi tantangan dunia bisnis digital
- Membangun kemitraan yang kokoh dengan industri untuk memberikan dukungan, wawasan terkait dengan bisnis digital
- Mempersiapkan lulusan tangguh, inovatif dan berdaya saing tinggi untuk menghadapi tantangan dunia bisnis digital
- Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dalam riset dan publikasi ilmiah dalam bidang bisnis digital untuk memajukan pengetahuan yang dapat diterapkan dalam solusi untuk permasalahan bisnis digital
- Mengimplementasikan keahlian dan kemampuan berwujud pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bisnis digital
Tujuan Bisnis Digital
- Memfasilitasi pertumbuhan startup bisnis dengan merancang produk yang inovatif
- Memberikan pemahaman tentang teknologi keuangan dan mempercepat pengembangan keterampilan yang relevan di sektor keuangan sehingga para lulusan dapat mengintegrasikan inovasi fintech ke dalam strategi bisnis secara efektif.
- Memberikan pengalaman dalam pengembangan dan penerapan aplikasi teknologi terbaru untuk meningkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputusan bisnis.
- Menyediakan pengetahuan dan keahlian dalam pemasaran digital yang efektif melalui media sosial dan analisis data pemasaran.
- Memberikan pemahaman menganalisis, dan menginterpretasikan data digital mendukung pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada bukti informasi.
Ciri Khas Bisnis Digital ITEBA
- Program studi yang mempersiapkan mahasiswa dalam pengembangan dan pengelolaan bisnis berbasis teknologi digital didukukung kemampuan digital marketing digital marketing, analisis data serta kemampuan bisnis intelligence
- Kewirausahaan digital mencakup cara mendirikan dan mengelola bisnis online serta inovasi dalam konteks digital. Prodi bisnis digital memiliki kolaborasi dengan 25startups untuk mendukung kewirausahaan digital https://iteba.ac.id/mitra-kolaborasi/
- Pengembangan aplikasi dan solusi digital untuk mendukung inovasi bisnis. Prodi bisnis digital berkolaborasi dengan Nongsa Digital Park (NDP) dan apple Devoper Akademi untuk praktek industri dan kurikulum MBKM https://iteba.ac.id/mitra-kolaborasi/
- Prodi bisnis digital bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk kuliah umum, kerja praktek/magang/internship dengan No.002/ITEBA-BPS/MoU/IV/2020 dan No.008/KEPALA/2020 sehingga memiliki keterampilan analisis data untuk mengumpulkan, menganalisis dan menggunakan data bisnis sebagai dasar mengambil keputusan strategi bisnis.
- Kesempatan mahasiswa untuk memiliki pengembangan keilmuan karena Batam sebagai “jembatan digital” yang menghubungkan Singapura ke ekonomi digital ke kota-kota di Indonesia memberikan kemudahan bisnis digital (e-commerce) dengan akses pasar global https://shorturl.at/huSZ9
Kompetensi Utama Lulusan Bisnis Digital ITEBA
- Digital Entrepreneur
- Finance Technology
- Business Intelligence Analyst
- Digital Business Analyst
Marketing Analyst
Lulusan memiliki keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengelola kewirausahaan digital dengan menggunakan platform pemasaran digital untuk mengembangkan kewirausahaan digital yang menarik dan relevan platform media sosial dan situs website.
Lulusan memiliki kemampuan trend inovatif Fintech
Lulusan memiliki kemampuan pengembangan aplikasi teknologi terkini percepatan, kecepatan dan validitas yang tinggi keputusan strategis bisnis
Lulusan memiliki keahlian dalam menganalisis data digital untuk memberikan pengambilan keputusan strategis, perencanaan bisnis dan pengembangan solusi digital
Lulusan memiliki kemampuan pemasaran digital dan strategi pemasaran online serta trend dalam industri pemasaran digital dan teknologi yang relevan.
Digital Entrepreneur
- E-Commerce
- Model Bisnis Digital Inovatif
- Pengembangan Startup Digital
- Strategi Bisnis Digital
- Rantai Pasok
Financial Technology
- Model Bisnis Fintech
- Manajemen Resiko dan Transaksi Online
- Investasi Bisnis
- Business intelligence dan data visualization
- Keamanan data Fintech
- Inovasi dan Trend Terkini : inovasi dalam keuangan digital
Perkembangan Apikasi dan Teknologi
- Pemrograman Website
- Cloud computing dan teknologi terkini
- Desain Interaksi UI/UX
- Teknologi Proteksi Privasi
- Pengembangan aplikasi digital bisnis
- Metodologi Agile dan Scrum
Analisis Data
- Analisis Big Data
- Riset Pasar Digital
- Statistika Ekonomi dan Bisnis
- Prediksi dan Keputusan bisnis
- Manajemen Proyek Digital
Marketing Analyst
- Search Engine Optimization
- CSR digital
- Media sosial dan Pemasaran
- Pemasaran Pengembangan Produk Digital
- Digital Marketing
- Pemasaran Startup Digital
Gelar Akademik Prodi Bisnis Digital
Gelar yang diberikan lulusan bisnis digital Sarjana Bisnis Digital (S.Bns.D)
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD1101 | Pengantar Bisnis Digital | 3 | |
86 | 2 | BD1311 | Perencanaan Bisnis Digital | 3 | |
87 | 3 | BD1211 | E-Commerce | 3 | |
88 | 4 | BD1623 | Statistika Ekonomi dan Bisnis | 3 | |
89 | 5 | BD1433 | Pemrograman Web E-Commerce | 2 | |
90 | 6 | IC120H | Pancasila | 2 | |
91 | 7 | IC220H | Kewarganegaraan | 2 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD1622 | Manajemen Operasional Digital | 3 | |
86 | 2 | BD1432 | Transformasi Digital Organisasi | 3 | |
87 | 3 | BD1104 | Media sosial dan Pemasaran | 3 | |
88 | 4 | BD1106 | Riset Pasar Digital | 3 | |
89 | 5 | BD1108 | Desain interaksi UI/UX | 2 | |
90 | 6 | BD1110 | Etika Bisnis | 3 | |
91 | 7 | IC420H | Agama | 2 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD2433 | Basis Data | 3 | |
86 | 2 | BD2103 | Model Bisnis Digital Inovatif | 3 | |
87 | 3 | BD2623 | Digital Marketing | 3 | |
88 | 4 | BD2433 | Prediksi dan Keputusan Bisnis | 3 | |
89 | 5 | BD2213 | Business Intelligence dan Data Visualization | 3 | |
90 | 6 | BD2437 | Regulasi Bisnis | 3 | |
91 | 7 | BD2102 | Bahasa Inggris | 3 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD2624 | Manajemen Proyek | 3 | |
86 | 2 | BD2624 | Investasi Bisnis | 3 | |
87 | 3 | BD2514 | Pemasaran Startup Digital | 3 | |
88 | 4 | BD2214 | Pengembangan Produk Berbasis Teknologi | 3 | |
89 | 5 | BD2114 | Pengembangan Aplikasi Digital Bisnis | 3 | |
90 | 6 | BD2624 | Privasi dan Kepatuhan | 3 | |
91 | 7 | IC310H | Pengantar Rekayasa dan Desain | 2 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD3215 | Metode Penelitian | 2 | |
86 | 2 | BD3217 | Strategi Bisnis Digital | 3 | |
87 | 3 | BD3219 | Pemasaran Pengembangan Produk Digital | 3 | |
88 | 4 | BD3735 | Analisis Big Data | 3 | |
89 | 5 | BD3737 | Metodologi Agile dan Scrum | 3 | |
90 | 6 | BD3625 | Kepemilikan Intelektual dan Hukum | 3 | |
91 | 7 | IC310H | Manusia dan Teknologi | 2 | |
92 | 8 | IC320H | Bahasa Indonesia | 2 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD3736 | Keputusan Bisnis | 3 | |
86 | 2 | BD3316 | Manajemen Resiko dan Transaksi Online | 3 | |
87 | 3 | BD3216 | Search Engine Optimization | 3 | |
88 | 4 | BD3536 | Audit Regulasi dan Keamanan Data | 3 | |
89 | 5 | BD3318 | Teknologi Proteksi Privasi | 3 | |
90 | 6 | BD3626 | Kerja Praktek | 3 | |
91 | 7 | BD3538 | Rantai Pasok E-Commerce | 3 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD4737 | Kepemimpinan | 3 | |
86 | 2 | BD4617 | Fintech Industri | 3 | |
87 | 3 | BD4619 | CSR digital | 3 | |
88 | 4 | BD4607 | Cloud Computing dan Teknologi Terkini | 3 | |
89 | 5 | BD4609 | Tugas Akhir I | 3 |
wdt_ID | No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | RPS |
---|---|---|---|---|---|
85 | 1 | BD4608 | Investasi Bisnis digital | 3 | |
86 | 2 | BD4618 | Tugas Akhir II | 4 | |
87 | 3 | BD4718 | Keamanan Siber | 3 |