Sambutan Rektor

Rektor Institut Teknologi Batam

Dr. Ing. Moch. Sukrisno Mardiyanto, DEA, Dipl Ing Rektor Institut Teknologi Batam

Kehidupan manusia di abad Milenial ini semakin tergantung pada teknologi dan aplikasinya, disamping semakin bergesernya perilaku manusia modern ke arah sifat ego centric yang dinilai sebagai efek negatifnya. Di samping itu pola pikir manusia modern lebih cenderung untuk memanfaatkan teknologi secara optimal dalam segala segi kehidupannya : mulai kehidupan keseharian, dalam menjalankan pekerjaan, dalam berniaga, dalam berkarya seni, dalam berekpresi budaya dan bahkan dalam menjaga kebugaran dan kesehatan dirinya.

Ketergantungan terhadap teknologi tersebut juga selayaknya harus diikuti dengan kemampuan menguasai dan memanfaatkan teknologi, melalui pendidikan dan pengajaran di berbagai tingkatan pendidikan, khususnya di tingkat Perguruan Tinggi. Sehingga masyarakat Indonesia tidak hanya sebagai Objek teknologi saja (hanya pemakai), tetapi berperan menjadi Subjek yang mampu menciptakan, mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Institut Teknologi Batam (ITEBA), sesuai dengan credo “Competence in Technology and Quality”, siap berkontribusi secara maksimal dalam melaksanakan Visi dan Misi nya guna mencetak tenaga Sarjana yang bermartabat, berwawasan luas, menguasai teknologi, mampu menerapkan dan mengembangkan aplikasi teknologi di berbagai bidang terapan, serta siap kerja di bidang industri sesuai dengan konsep “link and match”.

Dalam menjalankan misi yang terwujud dalam Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat), ITEBA telah menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan, baik Perguruan Tinggi dalam Negeri, Lembaga Pendidikan Luar Negeri, Institusi/lembaga pemerintah, Industri Nasional dan Multinasional, dan Pemerintah daerah. Untuk menjalankan dharma Pendidikan, ITEBA telah mewujudkan kurikulum yang berbasis sains, teknologi dan seni yang diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, yang memenuhi standar kompetensi secara Nasional maupun Internasional.

Diharapkan dengan menerapkan sistem pendidikan yang berorientasi pada perkembangan Industry 4.0 dan perkembangan Masyarakat Gobal, lulusan ITEBA dituntut untuk mampu berkarya nyata dalam memajukan Negara dan Bangsa Indonesia sesuai bidangnya dalam menyongsong era globalisasi dan otomasi industri.

Batam,

Rektor Institut Teknologi Batam

Admission